International Seminar on Cosmetics "Recent Development In Cosmetics," Aula Barat ITB, 26-27 November 2010

International Seminar on Cosmetics "Recent Development In Cosmetics," Aula Barat ITB, 26-27 November 2010

Sekolah Farmasi ITB telah menyelenggarakan International Seminar on Cosmetics dengan tema “Recent Development In Cosmetics” dan pameran yang berkaitan dengan produk kosmetik serta demo kecantikan di Aula Barat ITB pada tanggal 26-27 November 2010.

Seminar Internasional di bidang kosmetik bertujuan sebagai sarana untuk mengakomodasi hasil-hasil penelitian di bidang kosmetik dan bidang lainnya yang terkait, terutama dalam bidang sistem penghantaran obat, keamanan dan efek, analisis kimia dan biologi, regulasi, dan bahan kosmetik. Di samping itu, seminar ini juga bertujuan untuk mendorong semangat meneliti di semua kalangan baik di perguruan tinggi maupun lembaga penelitian di dalam negeri dan swasta, serta industri kosmetik yang berkualitas secara internasional. Dalam seminar tersebut, panitia mengundang para ahli dari berbagai bidang ilmu farmasi dari dalam maupun luar negeri, yaitu:

  1. Johann W. Wiechers, PhD (Pharmacy, University of Groningen, The Netherlands), Topic : “The delivery gap: An easy tool for identifying the appropriate skin delivery system”
  2. Prof. Jae Kwan Hwang, Ph.D (Yonsei University, Korea), Topic : “Natural Cosmetics”
  3. Prof. Se Young Chong, Ph.D, (Kyung Hee University, South Korea), Topic : “Development of health functional food and functional cosmetics for skin beauty from natural products”
  4. Prof. Yaya Rukayadi, Ph.D (College of Engineering, Yonsei University, South Korea), Topic: “Natural product preservation”
  5. Dra. Kustantinah, M.App.Sc., (The National Agency of Food and Drug Control, Indonesia), Topic : “Recent Regulation in Cosmetics”
  6. Prof.Dr.Slamet Ibrahim S and Dr.Marlia Singgih W (School of Pharmacy Institut Teknologi Bandung, Indonesia), Topic : “Chemical and Microbiological Evaluation of Cosmetics”
  7. Retno I. S. Tranggono, MD – Cosmetodermatologist, Topic : “The New Advanced Skin Care System”
  8. Handinata D. Lohita S.Si., Apt ( The Lubrizol Corporation, Singapura ), Topic : “Rheology modifiers and thickeners review”
  9. Nuning S. Barwa (CSR Director Martha Tilaar Group/Ketua Perkosmi), Topic : “Safety and efficacy evaluation of cosmetics”
  10. Prof. Saringat Baie. Ph.D. (School of Pharmacy Sciences, Universiti Sains Malaysia), Topic : “Formulation, In vitro and In vivo Evaluation of Cosmetic Nano-cream from Virgin Coconut Oil, Kojic Acid Dipalmitate and Emulium Kappa�”

Para pembicara yang pakar di bidang masing-masing tersebut menyampaikan perkembangan situasi penelitian dan pasar yang terjadi pada masa sekarang dan mendatang.